Translate

Kamis, 07 April 2016

PKT Visi Misi, Bisnis Utama, Kebijakan Sistem Management, Afiliansi dan Anak Perusahaan Pupuk Kaltim - Bontang Bisa

Visi dan Misi Pupuk Kaltim (PKT)
Visi
"Menjadi Perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan."
Misi
*Menjalankan bisnis produk-produk pupuk, kimia serta portofolio investasi dibidang kimia, agro, energi, trading dan jasa pelayanan pabrik yang bersaing tinggi;
*Mengoptimalkan nilai perusahaan melalui bisnis inti dan pengembangan bisnis baru yang dapat meningkatkan pendapatan dan menunjang Program Kedaulatan Pangan Nasional;
*Mengoptimalkan utilisasi sumber daya di lingkungan sekitar maupun pasar global yang didukung oleh SDM yang berwawasan internasional dengan menerapkan teknologi terdepan;
*Memberikan manfaat yang optimum bagi pemegang saham, karyawan dan masyarakat serta peduli pada lingkungan
Nilai & Budaya Perusahaan
Untuk mencapai Visi dan Misi, Perusahaan membangun Budaya Perusahaan (ACTIVE) yang secara terus-menerus disosialisasikan kepada pegawai. Budaya kerja tersebut meliputi:
Achievement Oriented 
Insan Pupuk Kaltim tangguh dan profesional dalam mencapai sasaran Perusahaan dengan menegakkan  nilai-nilai: Profesional dan Tangguh
Customer Focus
Insan Pupuk Kaltim selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkomitmen pada kepuasan pelanggan dengan menegakkan nilai-nilai: Perhatian dan Komitmen
Teamwork
Insan Pupuk Kaltim harus menjalin sinergi dan bersatu dalam bekerja dengan mengutamakan nilai-nilai: Sinergi dan Bersatu
Integrity
Insan Pupuk Kaltim menjunjung tinggi kejujuran dan bertanggung jawab dengan menjujung nilai-nilai: Jujur dan Tanggung Jawab
Visionary
Insan Pupuk Kaltim selalu berpikir jauh kedepan dan siap menghadapi perubahan dinamika usaha dengan memperhatikan nilai-nilai: Inovatif dan Adaptif
Environmentally Friendly
Insan Pupuk Kaltim peduli terhadap lingkungan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas untuk keberlanjutan perusahaan dengan memperhatikan nilai-nilai:Peduli dan Berkelanjutan
Makna Logo
Makna :
*Segi lima melambangkan Pancasila merupakan landasan idiil perusahaan.
*Daun dan Buah melambangkan kesuburan dan kemakmuran.
*Lingkaran putih kecil adalah letak lokasi Bontang dekat Khatulistiwa.
*Tulisan PUPUK KALTIM melambangkan keterbukaan perusahaan memasuki era globalisasi.
Warna Jingga :
Melambangkan semangat sikap kreatifitas membangun dan sikap profesional dalam mencapai kesuksesan usaha
Warna Biru :
Melambangkan keluasaan wawasan Nusantara dan semangat integritas untuk membangun bersama serta kebijaksanaan dalam memanfaatkan sumber daya alam

Bisnis Utama
PT PUPUK KALTIM
Pupuk Kaltim merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero), dan saat ini memiliki kapasitas produksi Urea 2,98 juta ton per tahun, Amoniak sebanyak 1,85 juta ton per tahun dan NPK 350 ribu ton per tahun. Pupuk Kaltim juga memproduksi pupuk organik dengan kapasitas 45 ribu ton per  tahun. Perusahaan ini resmi berdiri pada 7 Desember 1977 dan berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur.
Pupuk Kaltim memenuhi kebutuhan pupuk domestik, baik untuk sektor tanaman pangan melalui distribusi pupuk bersubsidi, maupun untuk sektor perkebunan dan industri. Wilayah pemasaran Pupuk Kaltim untuk pupuk bersubsidi meliputi seluruh Kawasan Timur Indonesia, sedangkan produk nonsubsidi tersebar di seluruh Indonesia. Selain urea, NPK dan pupuk organik, Pupuk Kaltim juga menjual Amoniak untuk kebutuhan industri dalam dan luar negeri. 

Tujuan Pembentukan
Mengoperasikan kegiatan usaha yang terintegrasi mulai dari industri, perdagangan dan distribusi dan jasa di bidang perpupukan, petrokimia, dan kimia lainnya. Selain itu juga memanfaatkan sumber daya Perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermutu tinggi, berdaya saing kuat dan siap mendukung Ketahanan Pangan Nasional.
Kegiatan Usaha Utama
Industri
Mengolah bahan-bahan mentah tertentu menjadi bahan-bahan pokok yang diperlukan guna pembuatan Pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri dan bahan kimia lainnya, serta mengolah bahan pokok tersebut menjadi berbagai jenis Pupuk dan hasil kimia lainnya beserta produk-produk turunannya. 
 Perdagangan
Menyelenggarakan kegiatan distribusi dan perdagangan, baik dalam maupun luar negeri yang berhubungan dengan produk-produk tersebut diatas dan produk-produk lainnya yang berhubungan dengan perpupukan, petrokimia, agrokimia, agroindustri dan kimia lainnya, serta kegiatan impor barang-barang yang antara lain berupa bahan baku, bahan penolong/pembantu, peralatan produksi Pupuk dan bahan kimia lainnya.
Jasa
Melaksanakan studi penelitian, pendidikan, pengembangan, disain engineering, pengantongan (bagging station), konstruksi, pabrikasi, manajemen, pengoperasian pabrik, perbaikan/ reparasi, pemeliharaan, konsultasi (kecuali konsultasi bidang hukum) dan jasa teknis lainnya dalam sector industri pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri serta industri kimia lainnya serta jasa dalam bidang pertanian dan perkebunan.
Kebijakan Sistem Management PKT
PT Pupuk Kalimantan Timur mengimplementasikan Sistem Manajemen Terpadu yang meliputi sistem-sistem pada semua proses bisnis. Pelaksanaan Sistem Manajemen Terpadu dilakukan secara bertahap yang diawali dengan mengintegrasikan/memadukan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Sistem Manajemen Lingkungan (SNI 19 - 14001 atau ISO 14001), serta Sistem Manajemen Mutu (SNI ISO 9001 atau ISO 9001) secara konsisten untuk mencapai Visi Perusahaan yaitu menjadi perusahaan agro-kimia yang memiliki reputasi prima di Asia, dengan komitmen : 
*Mencegah kecelakaan, penyakit akibat kerja serta kerusakan properti dengan cara mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengendalikan potensi bahaya pada setiap kegiatan perusahaan sehingga tercipta budaya kerja yang aman.
*Melestarikan lingkungan dan mencegah pencemaran yang berdampak signifikan dengan cara mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengendalikan emisi udara, limbah cair, limbah B3, limbah padat dan memanfaatkan sumber daya secara efisien guna meningkatkan nilai perusahaan.
*Menjamin kepuasan pelanggan dengan menghasilkan produk yang memenugi syarat mutu SNI dengan menerapkan prinsip tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat tempat, tepat mutu dan tepat harga untuk menjaga loyalitas pelanggan.
*Menaati perundangan, peraturan, kode etik, budaya dan tata nilai perusahaan dalam rangka menerapkan Good Corporate Governance.
*Menerapkan manajemen risiko untuk melindungi perusahaan dari risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan.
*Berperan aktif dalam Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberdayakan masyarakat sekitar.
*Mengimplementasikan dan mengoptimalkan Teknologi Informasi (TI) secara efektif dan efisien sesuai kebijakan tata kelola TI, untuk mendukung proses bisnis perusahaan.
*Menetapkan, memelihara dan mengevaluasi kinerja pada setiap unsur organisasi perusahaan serta melakukan perbaikan berkesinambungan yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencapai kinerja unggul.
Kebijakan ini diterapkan untuk mengembangkan perusahaan secara berkelanjutan dan dikomunikasikan kepada seluruh karyawan serta stake holder, untuk dipahami dan ditinjau secara terus menerus.

Afiliansi dan Anak Perusahaan pupuk Kaltim
*PT Kaltim Industrial Estate
Bergerak di bidang penyediaan lahan industri dengan luas 230 ha dan berbagai fasilitas pendukung, termasuk sarana pengolahan limbah serta gedung perkantoran. Berlokasi di Kawasan Bisnis Pupuk Kaltim, Bontang, perusahaan ini dimiliki oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (99,998%) dan YKHT Pupuk Kaltim (0,002%).
*PT Pupuk Agro Nusantara
PT Pupuk Agro Nusantara (PAN) bergerak di bidang industri pupuk NPK dengan kapasitas per tahun sebesar 2x100.000 ton. Perusahaan ini dimiliki oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (51%), PT Perkebunan Nusantara IV (34%) dan PT Perkebunan Nusantara V (15%).
*PT Kalimantan Agro Nusantara
PT Kalimantan Agro Nusantara (Kalianusa) bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Saat ini Kalianusa sudah memulai usahanya pada lahan seluas 7.100 hektar di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Kalianusa merupakan perusahaan patungan antara PT Perkebunan Nusantara XIII (51%) dan PT Pupuk Kalimantan Timur (49%) yang didirikan pada tanggal 14 September 2009.
*PT Pukati Pani
Didirikan tanggal 5 Mei 2003, bergerak dalam bidang perindustrian terutama industri ammonium nitrat. Namun hingga saat ini PT Pukati Pani belum melaksanakan kegiatannya. Perusahaan ini dimiliki oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (34,96%) dan PT Suma Energi Nusantara (65,04%).
*PT Kaltim Sahid Baritosodakimia
PT Kaltim Sahid Baritosodakimia (KSB) didirikan pada tanggal 8 Mei 1991 dan bergerak di bidang produksi dan penjualan soda ash. Kapasitas produksi soda ash yang direncanakan adalah 150.000 ton per tahun dengan nilai investasi sebesar USD 80 juta. KSB merupakan perusahaan patungan antara PT Pupuk Kalimantan Timur (20%), PT Tunggal Setia Pratama (30%) dan PT Huma Cakrawala (50%).
*PT OCI Kalimantan Melamine (OKM)
PT OCI Kaltim Melamine (OKM) memproduksi dan memperdagangkan bahan baku melamin. Perusahaan ini beroperasi sejak Desember 1996 dengan kapasitas produksi 50.000 ton melamin per tahun. Perusahaan berkedudukan di Kawasan Industri Pupuk Kaltim Bontang, dengan nilai investasi USD 124 juta. OKM merupakan perusahaan patungan antara PT Pupuk Kalimantan Timur (19,998%), Yayasan Pupuk Kaltim (0,002%), Barito Pacific Lumber Company (20%) dan OCI Melamine (60%).
*PT Rekayasa Industri
PT Rekayasa Industri (Rekind) bergerak dalam bidang engineering, procurement, construction dan commissioning dan merupakan usaha patungan antara PT Pupuk Kalimantan Timur (4,79%), Pemerintah Republik Indonesia (4,97%) dan PT Pupuk Sriwidjaja (90,06%).
*PT Pukati Pelangi Agro Makmur
Didirikan di Semarang pada tanggal 14 Agustus 2003, PT Pukati Pelangi Agromakmur (PPA) bergerak di bidang produksi dan pemasaran pupuk NPK dengan kapasitas produksi 50.000 ton per tahun. PPA merupakan perusahaan patungan antara PT Pupuk Kalimantan Timur (19%), Yayasan Pupuk Kaltim (11%) dan PT Saprotan Nusantara Agro Utama (70%).
*PT Pukati Pelangi Patani Berseri
Didirikan di Cirebon, Jawa Barat, pada tanggal 19 September 2003, PT Pukati Pelangi Patani Berseri bergerak di bidang pemasaran pupuk NPK dengan kapasitas produksi 50.000 ton per tahun. Perusahaan ini merupakan usaha patungan antara PT Pupuk Kalimantan Timur (19%), Yayasan Pupuk Kaltim (11%) dan PT Pelangi Prima Nusantara (70%).
SEMOGA BERMANFAAT
Sumber : http://www.pupukkaltim.com/ina/index.php

1 komentar:

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus